Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Dari Pendidikan Karakter

Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Dari Pendidikan Karakter

Gpuoftebrain.com Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Dari Pendidikan Karakter – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai pengertian, tujuan dan manfaat dari pendidikan karakter yang dapat kalian ketahui di bawah ini. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengutama esensi serta makna pada moral dan juga akhlak, sehingga hal tersebut akan dapat membentuk pribadi perserta didik menjadi lebih baik lagi.

Di zaman teknologi yang sangat canggih seperti saat ini pendidikan karakter sangat penting sekali, untuk mencakup akhlak anak generasi mudah. Agar anak generasi mudah tidak terpengaruh dengan budaya dari luar yang merusak budaya asli indonesia.

Budaya dari luar tidak cocok jika di kembangkan di indonesia dikarenakan budaya luar adalah budaya bebas. Sedangkan kita telah menganut budaya nenek moyang yaitu budaya sopan santun yg paling utama perlu kita junjung setinggi langit.

Pengertian Dari Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh orang secara sadar dan juga dilakukan secara terencana untuk mendidik seseorang. Serta memberdayakan potensi didik untuk membangun karakter pribadinya sehingga bisa menjadikan individu yang mempunyai manfaat bagi dirinya sendiri dan juga terhadap lingkungannya.

Pendidikan karakter ialah salah satu sistem pendidikan yang mempunyai tujuan guna menanamkan nilai-nilai karakter tertentu pada setiap peserta didik.

Di dalam pendidikan karakter terdapat juga komponen pengetahuan, kesadaran maupun kemauan dan juga tindakan untuk melakukan nilai-nilai kebudayaan tersebut.

Character Education adalah istilah lain dari kata pendidikan karakter yang berasal dari bahasa Inggris. Disebutkan juga bahwa pendidikan karakter berhubungan erat dengan pendidikan moral pada anak dan setiap remaja.

Karena pendidikan karakter mempunyai tujuan untuk membentuk dan juga melatih kemampuan setiap individu yang secara terus-menerus untuk menyempurnakan diri ke arah hidup yang lebih baik.

Pendidikan karakter juga bisa dipahami sebagai pendidikan yang mengedepankan esensi dan juga makna pada moral dan juga akhlak. Sehingga dapat membentuk pribadi peserta didik yang lebih baik dari yang seblum- sebelumnya.

Fungsi Dari Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter sendiri mempunyai fungsi untuk membentuk karakter seseorang yang merupakan peserta didik sehingga bisa menjadikan pribadi yang mempunyai moral, memiliki akhlak yang baik, memiliki nilai rasa toleran, tangguh dan juga memiliki perilaku yang baik.

Berikut ini beberapa fungsi pendidikan karakter beserta penjelasannya :

1.) Memiliki fungsi guna mengembangkan potensi dasar di dalam diri setiap anak sehingga menjadi individu yang memiliki pikiran baik, berhati baik serta memiliki perilaku yang baik di keluarga dan di masyarakat.

2.) Berguna untuk membangun dan memperkuat perilaku masyarakat yang multikultur seperti Indonesia.

3.) Pendidikan karakter memiliki kaitan erat dengan membangun dan meningkatkan peradaban bangsa. Agar menjadi kompetitif di dalam hubungan internasional dan tidak kalah dengan bangsa lain.

Tujuan Dari Pendidikan Karakter

Tujuan utama dari sebuah pendidikan karakter sendiri adalah guna dapat membangun bangsa yang tangguh, dengan masyarakat yang memiliki akhlak mulia, memiliki moral, memiliki nilai toleransi dan juga dapat bergotong royong.

Agar kalian dapat mencapai tujuan tersebut maka kalian tanamkan pada setiap peserta didik nilai nilai untuk membentuk karakter yang memiliki sumber dari Agama, Pancasila dan juga budaya.

Tujuan dari pendidikan karakter adalah untuk menciptakan generasi muda yang terbiasa dengan sikap :

1.) Kejujuran

2.) Religius

3.) Sikap toleransi

4.) Disiplin

5.) Kerja keras

6.) Kreatif

7.) Kemandirian

8.) Sikap demokratis

9.) Rasa ingin tahu

10.) Semangat kebangsaan

11.) Cinta tanah air

12.) Menghargai prestasi

13.) Sikap bersahabat

14.) Cinta damai

15.) Gemar membaca

16.) Perduli terhadap lingkungan

17.) Peduli sosial

18.) Rasa tanggung jawab

Pentingnya Pendidikan Karakter

Pada masa perkembangan zaman dan juga era globalisasi saat ini mempunyai dampak yang cukup lengkap terhadap perubahan karakter anak. Hal ini dikarenakan kurangnya nilai pendidikan karakter pada anak zaman sekarang.

Sehingga dapat menimbulkan krisis moral yang bisa berakibat pada perilaku masyarakatnya yang bisa ke arah yang lebih negatif. Contohnya seperti pergaulan bebas, kekerasan, pencurian, penyalahgunaan narkoba bahkan sampai perlukau sadis seperti pembunuhan.

Berikut ini beberapa alasan mengapa pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan sejak dini pada setiap anak, sebagai berikut ini :

1.) Pendidikan karakter merupakan suatu cara yang paling baik yang berguna untuk memastikan para murid didik mempunyai kepribadian dan juga karakter yang baik di dalam kehidupannya.

2.) Pendidikan karakter mampu membantu meningkatkan prestasi akademik anak didik.

3.) Dapat kalian gunakan untuk membentuk individu yang menghargai serta menghormati orang lain serta hidup di dalam masyarakat yang majemuk.

4.) Pendidikan karakter ialah cara terbaik yang berguna untuk membentuk perilaku individu sebelum masuk ke dunia kerja.

5.) Bertujuan untuk berupaya agar dapat mengatasi masalah moral sosial contohnya seperti ketidakjujuran, ketidaksopanan, kekerasan, etos kerja yang rendah dan lainnya.

Contoh Dari Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga

Berikut ini beberapa contoh dari pendididikan karakter di lingkungan keluarga yang wajib kalian ketahui di bawah ini.

1.) Dapat Beribadah Bersama

Beribadah kepada Tuhan, contohnya seperti sholat lima waktu, pergi ke Gereja atau Kuil menjadi salah satu cara untuk mendekatkan dirinya dengan Tuhan yang Maha Esa.

Sehingga anak akan tumbuh menjadi anak yang patuh pada ajaran agamanya. Bukan hanya itu saja kegiatan beribadah bersama anak juga bisa menumbuhkan kedekatan antara anak dan orang tua.

2.) Dapat Berkomunikasi dan Berdiskusi dengan Anak

Anak bukanlah alat yang harus selalu mengikuti keinginan orang tuanya, walaupun semua orang tua ingin yang terbaik bagi anak mereka. Namun dengan selalu berkomunikasi dan berdiskusi kepada anak mengenai apa pun yang berhubungan dengan mereka jauh lebih baik dari pada harus memaksa mereka menuruti semua keinginan orang tua.

Orangtua harus menanyakan apa keinginan anak mereka. Itulah adalah cara terbaik agar merek dapat memiliki karakter terbuka kepada keluarga. Jika apa yang anak lakukan tidak disetujui oleh orang tua ada baiknya diskusikan dan cari solusu bersama, bukan langsung memarahi ataupun melarang mereka.

3.) Dapat Menanamkan Rasa Saling Menghargai dan Empati Kepada Sesama

Memberikan pengertian bagi anak untuk hidup saling menghargai dapat menumbuhkan rasa empati antar sesama. Contohnya Seperti saling menghormati ajaran agama lain, tidak menghina teman dan berempati jika ada orang yang kesusahaan.

Orang tua juga dapat menanamkan rasa ini sedari kecil dengan mengajak anak untuk membantu orang lain, contohnya seperti terjun langsung dalam kegiatan sosial. Atau juga mengajari anak untuk saling menyayangi anggota keluarganya. Sehingga anak akan tumbuh menjadi anak yang peduli dengan sesamanya.

4.) Dapat Mengajarkan Anak Arti Dari Tanggung Jawab

Setiap orang tua harus mengajarkan mengenai arti tanggung jawab dengan mengajak mereka untuk melakukan tugas dan kewajibannya. Contohnya seperti mengerjakan PR, beribadah sampai membantu pekerjaan orangtua dirumah.

Jika hal ini dilakukan sejak kecil maka akan tumbuh rasa tanggung jawab dari anak. Pendidikan karakter ini bisa dilakukan sejak dini yaitu pada saat masa kanak-kanak, pendidikan ini juga bisa dilakukan di lingkungan keluarga. Tidak hanya dilingkungan sekolah dengan memanfaatkan berbagai media belajar yang ada kalian dapat memahami apa itu tanggungjawab.

Demikianlaj ulasan mengenai pengertian, tujuan dan manfaat dari pendidikan karakter yang wajib kalian ketahui di dalam ulasan ini, semoga ulasan dapat bermafaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

No Responses

Write a response

error: Content is protected !!