Mengganti Background Foto Di Photoshop, Begini Caranya

Mengganti Background Foto Di Photoshop, Begini Caranya

Gpuofthebrain.com – Mengganti Background Foto Di Photoshop, Begini Caranya – Mengganti background foto dengan menggunakan Photoshop adalah salah satu dasar editing yang harus dikuasai para pekerja di bidang grafis dan fotografi.

Ya, bagaimana tidak? Dengan kemampuan mengganti background foto, maka kalian bisa dengan mudah mengkreasikan berbagai produk visual, seperti poster, pamflet, banner, brosur, katalog, dan lain sebagainya agar menjadi lebih menarik.

Dengan adanya aplikasi photoshop, kalian dapat memanipulasi gambar, membuat kulit menjadi lebih cerah, kontras, merubah warna, membuat vektor, dan manfaat lainnya yang bisa kalian rasakan dan nikmati di dalam aplikasi photoshop tersebut.

Meskipun aplikasi photoshop ini terdapat memiliki banyak pilihan versi seperti CS1, CS2, CS3, CS4, CS5, CS6 sampai CC. Namun,untuk mengganti background foto dengan photoshop dapat dilakukan di versi apapun itu seperti yang Mimin sebutkan tadi.

Pasalnya, untuk mengganti warna background foto dengan alat aplikasi photoshop hanya memerlukan beberapa fitur saja dari photoshop yang dimikinya. Dan fitur-fitur tersebut merupakan salah satu fitur dasar yang sudah dipastikan selalu hadir di setiap versinya tanpa adanya perubahan yang besar.

Nah, jadi buat kalian yang sedang belajar tentang aplikasi Photoshop dan kalian belum tahu cara Mengganti Background Foto Di Photoshop. Tenang saja, karena Mimin akan memberikan cara untuk bisa kalian lakukan tentang cara ganti background foto di Photoshop dengan mudah dan cepat.

Nah, untuk mengetahui hal tersebut. Silakan simak ulasan ini hingga selesai karena Mudha menyupakan tutorialnya yang di bawah ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save, Cek Disini

Cara Mengganti Warna Background Foto Di Photoshop

Berikut ini merupakan cara mengganti warna background foto di photoshop:

  1. Langkah yang petama silakan buka aplikasi Photoshop diperangkat kalian terlebih dahulu.
  2. Lalu silakan pilih foto yang akan diedit, caranya pilih file yang ada pada bagian pojok kiri atas dan pilih open image, atau kalian bisa langsung menekan tombol CTRL+O.
  3. Setelah kalian sudah memilih foto dan masukkan foto ke photoshop, kemudian silakan tekan Ctrl+J untuk Duplicate layer, atau bisa juga dengan mengklik kanan di layers dan pilih Duplicate layer.
  4. Setelah di duplikat maka foto layers akan ada 2 buah. Setelah itu, silakan tekan simbol mata pada “layer 0” sehingga nantinya layer asli tidak akan terlihat.
  5. Sebenarnya dari awal kalian tidak perlu lagi melakukan duplicate layer, kalian hanya tinggal hilangkan saja gembok pada layers awal sehingga bisa diedit dengan sesuka hati. Bahkan terkadang layers tidak tergembok. Kalian hanya tinggal sesuaikan saja.
  6. Langkah selanjutnya silakan tekan huruf W untuk mengaktifkan mode Magic Want Tool.
  7. Lalu klik background pas foto yang berwarna merah untuk seleksi area yang akan diganti warnanya.
  8. Setelah itu silakan pilih warna yang akan digunakan sesuai dengan keinginan. Jika sudah, maka kalian bisa menyesuaikan dengan warna lain sesuai dengan yang diinginkan.
  9. Berikutnya silakan pencet tombol G pada keyboard untuk mengaktifkan mode Paint Bucket Tool. Ini digunakan untuk merubah warna background merah menjadi biru.
  10. Setelah kalian mengaktifkannya, hal terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengklik area yang tadi sudah di seleksi sehingga secara langsung background merah akan berubah menjadi biru.
  11. Maka kalian bisa langsung menyimpannya dengan Ctrl+S dengan format .png atau .jpg sehingga foto akan langsung tampil.

Cara Mengganti Background Foto Di Photoshop Dengan Cepat

Tidak perlu memiliki keahlian dalam melakukan editing foto yang handal untuk dapat ganti background pada foto kalian. Karena kalian cukup mengikuti langkah – langkah yang Mimin beri dengan menggunakan keyboard untuk melakukannya.

  1. Langkah yang pertama silakan buka software Adobe Photoshop di perangkat yang kalian gunakan.
  2. Kemudian silakan klik File > Open, dan pilih foto yang ingin dihapus backgroundnya.
  3. Jika kalian sudah memilihnya, lalu pilih menu Open untuk mulai mengedit
  4. Setelah itu silakan klik dua kali pada layer foto tersebut sehingga nantinya akan muncul jendela New Layer. Maka kalian bisa klik OK.
  5. Nah, pada toolbar. Silakan kalian klik dan tahan Lasso Tool. Lalu pilih Magnetic Lasso Tool.
  6. Kemudian lakukan seleksi pada objek yang hendak ditampilkan atau dipilih.
  7. Berikutnya silakan klik menu Select > Inverse. Lalu tekan tombol Delete untuk menghapus backgroundnya.
  8. Jika sudah, lalu tekan kombinasi tombol Ctrl + D untuk keluar dari mode seleksi.
  9. Setelah itu klik dan drag foto background yang akan digunakan dari Windows Explorer ke Photoshop.
  10. Kemudian silakan atur ukuran foto background dengan mengklik dan drag pada bagian ujung sambil menekan Shift + Alt. Dan menekan tombol Enter.
  11. Pada jendela Layers, silakan kalian klik dan drag layer background dan pindahkan di bawah layer foto objek yang sudah diseleksi.
  12. Terakhir klik menu File > Save As, lalu ganti tipe file pada kolom Save as type, isi File Name. Dan klik Save.
  13. Selesai.

Baca juga : Menggabungkan File PDF, Begini Caranya

Mengatur Pencahayaan Foto

Jika kalian sudah mengganti background tersebut, nah supaya hasil foto yang telah kalian edit lebih sempurna. Kalian bisa melakukannya dengan mengatur pencahayaan foto dengan menggunakan fitur Adjustment pada Photoshop.

  • Setelah foto tersebut dibuka, silakan klik menu Image > Adjustment > Dan pilih salah satu opsi yang tersedia:
  • Brightness.
  • Exposure.
  • Saturations.
  • Levels.
  • Shadow / Highlights.
  • HDR Toning.
  • Nha, untuk pengaturannya bisa sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, ada baiknya jangan terlalu rendah atau tinggi nilainya agar hasilnya proporsional.

Baca juga : Cara Membuat Twibbon, Cek Disini Caranya

Nah, cukup sekian dulu penjelasan kali ini yang bisa Mimin bagikan mengenai Cara Mengganti Background Foto Di Photoshop. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu kalian semua.

No Responses

Write a response

error: Content is protected !!