Error Invalid SSL Certificate Steam, Ini Cara Mengatasinya!

Gpuofthebrain.com – Error Invalid SSL Certificate Steam – Tahukah kalian, bahwa media sosial Twitter diguncang oleh game Steam Epic dan PayPal yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Sabtu (30/7/2022).

Seperti yang diketahui, bahwa Steam adalah salah satu dari beberapa platform yang diblokir Kominfo. Sebab, tidak terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Nah, hal ini kita tahu bahwa memang Steam tidak akan mendaftar hingga 29 Juli 2022 23:59 WIB.

Sehingga, karena hal ini membuat banyak para pemain dari Indonesia yang mengeluhkan banyak game yang tidak dimainkan di platform Steam dan Epic Games pagi ini. Dimana pemain menerima Invalid SSL Certificate dan Connecttion Error pesan kesalahan koneksi yang tidak valid ketika ingin membuka game Steam dan Epic.

Dan Kominfo sendiri sudah dipastikan telah memblokir situs dari lima platform diantaranya adalah epicgames.com, steampowered.com, dota2.com, blog.counter-strike.net, dan origin.com.

Eitssss, kalian jangan panik dulu. Kalian tetap bisa membuka 5 situs tersebut. Lantas, bagaimana caranya untuk membuka situs yang diblokir tersebut? Jika kalian salah satunya yang penasaran, maka kalian perlu simak ulasan dibawah ini hingga tuntas.

Cara Mengatasi Invalid SSL Certificate Steam

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan agar bisa membuka steam kalian kembali salah satunya dengan cara mengganti DNS. Nah, perlu diketahui. DNS merupakan sistem yang memfasilitasi berfungsinya Internet. Tanpa DNS kalian harus memasukkan 10 digit alamat IP ke browser kalian. Bahkan juga kecepatan DNS juga penting. Nah, hal inilah yang menyebabkan mengapa kalian harus menggunakan DNS tercepat.

Menggunakan DNS Google dan Cloudflare Manual

Cara pertama mengatasi Invalid SSL Certificate Steam yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan DNS google dan cloudflare secara manual. Seperti yang sudah Mimin jelaskan sebelumnya, bahwa DNS adalah sebuah sistem yang memfasilitasi berfungsinya internet. Tanpa DNS, kalian wajib memasukkan 10 digit alamat IP browser kalian.

Google DNS

Google DNS yaitu layanan yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2009 lalu. Nah, kalian bisa menggunakan DNS primer dan sekunder berikut ini:

  • DNS Primer: 8.8.8.8
  • DNS Sekunder: 8.8.4.4

Cloudflare

Namun, DNS Google sendiri masih memiliki beberapa kelemahan dan layanan yang kurang cepat, Cloudflare merupakan penyedia layanan DNS tercepat yang ada saat ini.

Berikut beberapa DNS primer dan sekunder dari Cloudflare:

  • DNS Primer: 1.1.1.1
  • DNS Sekunder 1.0.0.1

Cara Setting DNS Google dan Cloudflare Manual

Setelah kalian sudah mengetahui tentang dua jenis DNS diatas, maka saatnya kalian bisa langsung mengonfigurasinya sebagai DNS Server. Berikut langkah – langkahnya yang dapat kalian ikuti.

  1. Kangkah pertama, silakan klik start lalu pilih menu Settings.
  2. Jika sudah, silakan pilih menu Network and Internet.
  3. Lalu pilih opsi Change Adapter Options.
  4. Kemudian klik kanan di bagian koneksi WiFi yang tersambung dan klik Properties.
  5. Setelah itu, silakan pilih opsi Internet Protocol Version 4 dan pilih Properties.
  6. Selanjutnya, pilih opsi ‘Use the Following DNS Server Addresses’.
  7. Dan ubah IP Address menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
  8. Terakhir, klik OK.
  9. Dan selesai.

Nah, setelah kalian melakukan tahapan ini, seharusnya sistem Steam sudah bisa dibuka dan tidak lagi muncul Invalid SSL Certificate Steam.

Baca Juga Ulasan Menarik Lainnya Disini :

  1. Begini Cara Download Andromax Tools di Play Store
  2. Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2023, Mudah!
  3. Playlistlivefestival com, Ini Penjelasan Cara Beli Tiketnya

Alternatif Solusi Invalid SSL Certificate Steam Cloudflare WARP

Namun, apabila langkah diatas masih juga belum bisa mengatasi masalah Invalid SSL Certificate Steam yang kalian alami, maka kalian bisa langsung menggunakan cara lain yakni dengan menggunakan cloudflare WARP di Windows maupun Mac.

Penasaran dengan caranya? Ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama, kalian bisa pergi ke 1.1.1.1 untuk mengunduh aplikasi di Windows. dan pastikan perangkat kalian sudah menggunakan sistem operasi 64 bit agar bisa menggunakan aplikasinya.
  2. Kemudian, silakan klik tombol Windows untuk mengunduh.
  3. Lalu unduhan otomatis dari .msi ketik untuk Cloudflare WARP akan dimulai.
  4. Setelah itu, klik file Cloudflare.msi dari browser kalian, atau buka folder unduhan di PC kalian
  5. Selanjutnya, klik dua kali pada .msi untuk menjalankannya.
  6. Dan ikuti instruksi pada wizard pengaturan untuk menginstal Cloudflare WARP di PC kalian
  7. Nah, instalasi akan memakan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya.
  8. Terakhir, buka Software dan Klik ON atau Connnet maka DNS kalian akan berubah otomatis
  9. Selesai.

Demikian informasi kali ini yang dapat Mimin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba bagi kalian.

Leave a Comment

error: Content is protected !!