Cara Mengatasi Masalah Di Ghost Touch

Cara Mengatasi Masalah Di Ghost Touch

gpuofthebrainCara mengatasi masalah di ghost touch – Yang tiba – tiba saja terjadi di ponsel kamu bisa kamu lakukan dengan langkah berikut ini. Android adalah sebuah perangkat yang banyak digunakan oleh hampir semua orang. Karena android memiliki ragam fitur dan bisa di utak atik lagi tidak seperti iOS yang memang tampilannya tidak bisa di ganti lagi. Namun, pengguna android tentu sering dapat masalah di luar pikiran, seperti Ghost Touch.

Sebenarnya Ghost Touch salah satu masalah yang sering ada dan juga tidak bisa kita hindari lagi. Penyebabnya dari berbagai faktor, semua di diukur dari tingkat keparahan yang terjadi. Ghost Touch menjadi sebuah istilah yang dimana layar smartphone bergerak sendiri.

Ghost Touch seringnya ditemukan oleh pengguna android, baik merk samsung, oppo, lenovo, vivo dan banyak lagi. Terjadinya Ghost Touch tentu membuat kesal dan kecewa.

Untuk itulah simak ulasan Cara Mengatasi Masalah Di Ghost Touch berikut ini.

Mengenal Ghost Touch Di Smartpone

Ghost Touch adalah sebuah kejadian dimana layar smartphone berjalan atau bergerak dengan sendirinya walau tidak disentuh. Jika diartikan dalam bahasa Inggris, Ghost Touch artinya “sentuhan setan”. Ghost Touch dianggap wajar dan masih aman saja, jika tidak mengganggu aktivitas dan sebagainya.

Justru, kebanyak jika sudah terjadi Ghost Touch. Hal ini, membuat beberapa sistem menjadi error dan tidak bisa dioperasikan. Tentu hal ini tidak bisa didiamkan begitu saja. Kamu harus cari tahu dulu apa penyebabnya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ghost Touch

Simak penjelasan yang ini untuk membantu kamu mengatasi Ghost Touch dengan cara berikut ini.

Charger Tidak Sesuai

Hal yang sering terjadi, dan jarang diperhatikan kebanyakan pengguna Android yaitu sharger yang tidak sesuai. Hal ini karena memakai charger dengan tegangan tinggi, jadi baterai smartphone tersebut tidak bisa menampung daya dari tegangan yang dihasilkan charger.

Sebaiknya menggunakan charger dari bawaan saat membeli smartphone. Dan hindari menggunakan charger jenis kw atau palsu, justru bisa merusak kualitas baterai smartphone.

Layar Rusak

Penyebab lainnya terjadi karena kerusakan pada layar atau LCD smartphone, hal ini bisa terjadi karena layar terkena air atau masuk merembes kedalam smartphone. Karena itu sebaiknya mengganti layar atau LCD smartphone kamu.

Reset Ulang

Reset ulang bisa dilakukan jika semua cara sudah dicoba dan Ghost Touch masih terulang. Hal ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal yang sama. Melakukan reset ulang ini resikonya semua data dan aplikasi lainnya akan hilang.

Bersihkan CPU dan RAM

CPU dan RAM penuh juga bisa menjadi masalah terjadinya Ghost Touch. Hal ini dikarenakan membuka aplikasi berlebihan di smartphone. Dan sebaiknya jangan berlebihan saat menggunakan aplikasi atau mengurangi multitasking sehingga performa smartphone menurun.

Bersihkan Pelindung Layar

Ghost Touch bisa terjadi akibat layar pelindung yang kotor dan tidak pernah dibersihkan. Dikarenakan debu yang menempel di pelindung layar bisa menyebabkan Ghost Touch.

Rutin untuk membersihkan pelindung layar atau jika dirasa rusak dan tidak layak pakai, sebaiknya ganti saja.

LCD Terlalu Panas

Perlu diketahui, jika layar LCD terlalu panas bisa mengakibatkan Ghost Touch. Disebabkan karena perangkat yang ada mempunyai batas toleransi panas. Dan jika terus dipaksakan, Ghost Touch bisa terjadi. Dan itu dapat merusak perangkat sistem yang lain.

Lakukan Restart 

Merestart smartphone diperlukan jika keadaan smartphone error atau tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika Ghost Touch terjadi, kamu bisa restart atau reboot agar kinerja smartphone bisa stabil seperti semula.

Daya Baterai Habis

Kehabisan daya baterai bisa menimbulkan Ghost Touch. Cara menghindarinya yaitu segera isi daya smartphone. Jika Ghost Touch masih ada, tidak ada salahnya mengecek kondisi baterai. Jangan sampai baterai membesar atau menggelembung.

Kalibrasi Layar Di Atur Ulang

Pertama yang dilakukan mengatur kalibrasi layar yaitu, masuk ke display yang ada di setting. Lalu atur menu kalibrasi yang ada, dan hindari mengaktifkan fiut “Auto Rotation”. Cara lainnya, jika smartphone tidak mendukung display setting, silahkan download “SwiftKey Keyboard”, karena didalamnya ada setting “Touch Input” yang berguna mengatur kalibrasi layar.

Kamu juga bisa mencoba aplikasi yang ada di PlayStore yaitu “Kalibrasi Layar Sentuh”. Cara menggunakannya mudah, klik saja maka akan ditampilkan proses untuk mengatur kalibrasi. Da jika smartphone sudah di root, maka akan semakin mudah menjalankannya.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan mengenai Cara Mengatasi Masalah Di Ghost Touch, selamat mencoba.

Baca Juga :
1. Cara Mencari Teman Baru Dengan Bot Telegram, Mudah!
2. Cara Ubah Tema Dan Background Di Telegram
3. Berkirim VN Di Telegram, Kirim Voice Not

2

No Responses

Write a response

error: Content is protected !!