Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding atau PHP

Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding atau PHP

gpuofthebrainCara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding atau PHP – seperti ulasan berikut ini. Jika kamu biasa menggunakan bot yang sudah tersedia di telegram seperti anonymous chat telegram. Namun saat ini kamu akan belajar mandiri untuk bisa membuat bot sesuai dengan keinginan sendiri.

Untuk membuat bot telegram tanpa coding tentu sangat penting, karena dari sekian banyak orang hanya beberapa saja yang mengerti PHP, maka dari itu akan menyajikan dua tutorial.

Cara buat bot telegram dengan kode php terbilang rumitkamu harus mengerti beberapa coding codingan yang kodenya. Untuk lebih paham ulasan ini maka simak Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding atau PHP berikut.

Baca juga : Mengenal Istilah Dari SFS RP Di Telegram

Baca juga : Mengenal Istilah Baru Ava Di Aplikasi Telegram

Tentang Bot Telegram

Bot Telegram adalah salah satu mesin robot di sebuah aplikasi jika di perintahkan maka ia akan menurutinya. Jadi kata lain dari bot di telegram adalah sebuah alat yang diperintahkan untuk berjalan otomatis tanpa perlu campur tangan manusia.

Salah satu fungsi Bot ini yaitu untuk mempermudah kinerja manusia atau penggunanya itu sendiri. Bot ini akan berjalan otomatis sesuai yang diperintahkan. Jika kamu seseorang yang banyak bekerja menggunakan telegram atau banyak mengelola ragam grup atau kamu sebagai adminnya. Maka telegram ini menjadi salah satu aplikasi komunikasi untuk perusahaan untuk kepentingan dan keperluan tertentu, dan wajib mencoba untuk membuat bot sendiri di telegram.

Cara Membuat Bot di Telegram Mudah

Kamu bisa menggunakan cara paling mudah untuk membuat bot sendiri di telegram melalui Botfather. Sesuai namanya Botfather ini adalah induk atau ayah dari semu bot yang ada di telegram.

Bot satu ini digunakan untuk mengatur semua bot yang sudah tersedia di telegram. Kata lain dari Botfather ini yaitu bot yang menyediakan berbagai menu untuk mengatur bot yang dibuat oleh user. Sehingga saat kamu akan membuat bot atau ingin mengelola bot yang sudah jadi, maka harus mengaturnya melalui BotFather.

  1. Silahkan update telegram dalam versi terbaru dulu, karena jika kamu masih menggunakan yang lama biasanya ada beberapa fitur yang tidak suport dan bisa menghambat kerja.
  2. Berikutnya buka aplikasi telegram dan masuk ke akun masing – masing.
  3. Kemudian kamu klik pada search atau pencarian dan mengetikkan botfather.
  4. Setelah itu akan muncul akun botfather, dan klik akun tersebut.
  5. Setelah terbuka kamu akan dihadapkan dengan layar percakapan, lalu berikutnya klik start untuk mulai berinteraksi dengan botfather.
  6. Selanjutnya bisa ketikkan /newbot untuk membuat bot baru
  7. Selanjutnya ketik nama untuk bot yang akan andida buat.
  8. Berikutnya buatlah user untuk bot. user name harus dilengkapi dengan kata ‘bot’ contoh saja naluribot atau naluri_bot, silahkan pilih salah satu.
  9. Setelah tahap di atas berhasil dilakukan, maka kamu akan mendapat API token yang biasanya dapat digunakan untuk mengakses API Bot yang disediakan oleh Telegram.

Api merupakan antarmuka yang disediakan aplikasi yang berguna untuk berinteraksi dengan aplikasi itu sendiri. Selain itu API dapat digunakan oleh programmer untuk mengakses fungsi prom lain dari program yang ia buat sendiri.

Format Pembuatan Bot di Telegram

Berikut beberapa perintah yang bisa anda gunakan untuk mengelola bot di botfather :

1. /newbot

Seperti perintah yang pertama kali kamu ketik pada bot father /newbot ini berguna untuk membuat bot baru.

2. /mybots

Bot ke dua ini bisa kamu ketikkan di percakapan botfather untuk mengelola atau mengedit bot milik kamu.

3. Edit Bot

Setelah menuliskan perintah /mybot maka akan muncul berbagai perintah yang merupakan penjabaran dari edit bot itu sendiri. Mulai dari /setname, /setdiscription, /setabuttext, /setuserphic, sampai /deletebot untuk menghapus bot. Kamu juga bisa mengedit sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

4. Setting Bot

Berikutnya yaitu bot setting. Sama dengan edit bot, di setting bot ini juga ada beberapa perintah setting yang bisa kamu otak – atik. Seperti /token, /revoke, /setinline, hingga /setprivacy.

5. Games

Jika bot ini kamu gunakan untuk mengatur atau mempogram game, maka kamu bisa mengunakan bot game untuk mengatur kendali yang diinginkan. Dalam bot game juga tersedia banyak perintah seperti /newgame, /mygame, /listgame, /editgame, hingga /deletegame.

Akhir kata

Nah, itulah ulasan mengenai Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding atau PHP, semoga bermanfaat.

9

No Responses

Write a response

error: Content is protected !!