Aplikasi KTP Digital, Berikut Ini Cara Gunakannya!

Aplikasi KTP Digital, Berikut Ini Cara Gunakannya!

Gpuofthebrain.com – Aplikasi KTP Digital, Berikut Ini Cara Gunakannya! – Dimana KTP/e-KTP adalah sebuah kartu identitas penduduk yang memiliki bentuk kecil dengan ukuran 8,59 x 5,39 cm dan terbuat dari bahan Polyethylene Terephthalate (PET) atau Polyethylene Terephthalate Glycol (PETG). Nah, benda yang satu ini dapat di simpan di dompet maupun dipegang, bukan?

Bertahun – tahun bertahan dengan KTP jenis ini, seketik kini pemerintah memberitahukan bahwa dalam kurun waktu ke depan akan diberlakukan e-KTP digital yang diakses cukup dengan membuka aplikasi saja. Maka dari itu, untuk melakukan program ini, dimana sebagai penduduk harus memiliki gadget dan mengunduh aplikasi KTP digital melalui PlayStore atau AppStore. 

Lantas, tahukan kalian seperti apa aplikasinya? Jika memang belum, maka kalian bisa simak informasi lebih jelasnya dibawah ini.

Baca juga : Download Aplikasi Taspen, Otentikasi Dana Pensiunan PNS

Mengenal Tentang Aplikasi KTP Digital

Aplikasi KTP Digital

Aplikasi KTP digital adalah sebuah aplikasi yang memiliki sistem operasi unik yang nantinya dapat digunakan sebagai pengganti e-KTP fisik. Nah, aplikasi ini memiliki fungsi sama dengan e-KTP fisik. Jadi, sebagai barang identitas, kini KTP digital menawarkan akses yang lebih mudah jika KTP dibutuhkan untuk mendaftar sesuatu.

Dimana nantinya KTP ini akan melekat bersama dengan ponsel yang dimiliki. Namun, kalian harus melewati proses pendaftaran terlebih dahulu ya sebelum nantinya bisa dapat sebuah e-KTP digital yang menyertakan identitas kita dan kode QR. Nah, inilah perbedaan KTP fisik dan KTP digital. Jika e-KTP digital memiliki QR kode, bila butuh sesuatu, misal ingin mendaftar, kalian hanya tinggal scan saja. Sehingga, kalian tidak perlu repot fotokopi atau mengunggah gambar.

Cara Download Aplikasi KTP Digital 

Akan tetapi, sayang sekali bahwa aplikasi KTP digital untuk sekarang ini masih belum dapat untuk dinikmati semua orang. Ini hanya bisa digunakan dari kabupaten tertentu saja, sebab pemerintah baru meluncurkannya di 50 kabupaten di Indonesia. Jadi, kedepannya akan diluncurkan ke banyak kota, dan bila aplikasi ini sudah ada kota kalian, maka kalian bisa ikuti cara unduh dan pendaftarannya seperti dibawah ini.

  1. Nama aplikasi KTP digital yang disahkan oleh pemerintah yaitu ‘Identitas Digital’ (Nah, informasi ini didapatkan dari Tribun, CNN, CNBC dan portal berita terpercaya lainnya).
  2. Silakan unduh aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) melalui PlayStore atau AppStore. Bila memang belum ada berarti aplikasi ini belum rilis di wilayah kalian.
  3. Nah, setelah kalian unduh. Maka nantinya otomatis PlayStore akan menginstall aplikasi tersebut.

Hal ini berguna agar menghindari penghimpunan data massal oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab, jadi diharapkan supaya tetap berhati – hati ketika melakukan proses pengunduhan aplikasi dan pastikan mengunduh aplikasi resmi, sebab di PlayStore banyak yang sejenis dengan aplikasi ini.

Baca juga : Aplikasi Peduli ESDM Subsidi Listrik Gratis, Ini Linknya!

Cara Daftar Aplikasi KTP Digital

  1. Langkah pertama kalian buka aplikasi KTP digital atau Identitas Digital (PPID Kemendagri) terlebih dahulu.
  2. Lalu masukkan NIK, alamat email dan nomor HP.
  3. Silakan lakukan verifikasi wajah.
  4. Kemudian verifikasi email kalian dengan membuka kotak masuk pada email, lalu cari pesan dari aplikasi Identitas Digital, dan klik ‘Verifikasi’.
  5. Terakhir, kembali ke aplikasi. Dan silakan login dan kalian akan menemukan KTP digital kalian di menu utama.

Selain mendapatkan KTP digital, bahkan kalian juga dapat melihat Kartu Keluarga (KK), NPWP, kepemilikan kendaraan, data Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan kartu vaksinasi Covid-19.

Cara Menggunakan KTP Digital untuk Aktivitas Sehari-Hari

KTP digital ini berbentuk seperti aplikasi yang bisa melekat pada ponsel kita, sehingga kalian tidak perlu membawa kartu KTP fisik kemana-mana lagi, apalagi jika ada tujuan tertentu.

Tidak hanya itu saja, cara kerjanya juga mungkin sama dengan aplikasi bank atau aplikasi keuangan lainnya. Dimana dulunya kalian harus bawa kartu ATM kemana-mana, namun kini cukup pakai aplikasi saja, tunjukkan kode QR, dan kalian dapat membeli sesuatu tanpa repot-repot gesek kartu.

  1. Pertama silakan daftar KTP digital dulu buat dapatkan QR kode.
  2. Setelah dapat QR kode, kalian bisa melakukan berbagai jenis keperluan administrasi yang membutuhkan identitas KTP kalian.
  3. Nah, kalian cukup tunjukkan kode QR tersebut, maka identitas kalian sudah berhasil mereka scan.

Jadi, jika kalian bertanya apakah aplikasi KTP digital wajib digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia? Nah, ini sebenarnya tidak wajib, tapi akan lebih baik untuk semua orang yang memiliki gawai dengan menggunakan aplikasi KTP digital ini.

Baca juga : Begini Cara Top Up Allo Bank via ATM dan M-Banking

Cukup sekian dulu artikel kali ini yang dapat Mimin bagikan mengenai Aplikasi KTP Digital. Semoga dengan adanya informasi diatas yang sudah Mimin buat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

5

No Responses

Write a response

error: Content is protected !!